Merawat Laptop

Laptop kerap menjadi piranti pilihan banyak orang dalam kegiatan sehari-hari terutama bagi mereka yang lebih sering bekerja secara mobile. Memiliki laptop kadang membuat kita was was ini dikarenakan Laptop lebih mudah rusak bila dibandingkan dengan PC. untuk itu, harus diperlakukan atau dirawat dengan benar agar dapat berumur lebih lama. Tips-tips berikut agar laptop bekerja pada perfoma yang maksimal.

a. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras yang dapat menyebabkan engsel patah.beberapa laptop ensel dan kabel LCDnya rusak dikarenakan membuka dan menutup tidak hati hati bahkan cenderung sembrono
b. Melap layar LCD dengan kain lembut dan kering. Lap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan satu arah saja, misalnya dari kiri ke kanan. LCD dibentuk oleh cairan kristal (untuk menampilkan gambar) sehingga permukaannya tipis dan rapuh. Oleh karena itu, kalaupun harus menunjuk monitor dengan jari atau pulpen (atau benda lainnya) jangan sampai menyentuhnya apalagi menekan dengan keras. Membersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan udara di sela-sela tombol.

c. Mengupayakan tidak menggunakan laptop pada tempat tempat yang terbuka dan berdebu. Ini mencegah melekatnya dan masuknya debu pada komponen komponen laptop yang dapat merusak dan atau mengurangi kinerja laptop.

d. Mengupayakan pada saat menggunakan laptop sambil meminum minuman (kopi, teh dsb,) Jangan dekatkan dengan minuman maupun cairan dengan laptop, jika sampai tumpah ke laptop maka dapat menyebabkan komponen di dalamnya konsleting. Bila tertumpah segerakan matikan computer untuk mencegah terjadinya konsleting.

e. Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.

f. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal. Gunakan stavolt atau stabilizer.

g. Install anti virus dan updatelah secara berkala. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Mungkin saja yang kita download malware/spyware yang menyamar sebagai freeware tertentu. Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring. Selain kurang ergonomis juga menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar..

h. Shutdown laptop dengan benar. Bila dilakukan secara tidak benar dapat mengakibatkan software dan hardware rusak.

i. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Hal ini semata-mata untuk mencegah kemungkinan perlakuan kasar apabila kita meminjami orang yang kebetulan sembrono.

j. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power/baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan harddisk bermasalah.

k. Simpan di tempat dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim. Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat yang panas atau mesin mobil masih hidup. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop.

l. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang empuk pada saat dihidupkan, sehingga laptop kelihatan tenggelam yang dapat menghambat panas untuk keluar sehingga laptop lebih cepat panas.

m. Jangan pernah membongkar laptop sendiri. terutama yang masih awam. Jika masih dalam masa garansi lebih bijaksana kalau Anda membawanya ke tempat servis resminya.

n. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras. Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop. Antara LCD dengan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai kemiringan yang kita inginkan.

o. Jika membawa laptop agar dimasukkan ke tas khusus. Tas laptop dibuat sedemikian rupa sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda di sekitarnya atau bahkan dapat meredam guncangan-guncangan kecil.

p. Bagi yang sering bepergian dengan menggunakan ransel (tas laptop) hendaknya dilapisi dengan gabus untuk menghindari guncangan pada laptop terutama yang bepergian dengan menggunakan sepeda motor.

q. Apabila menggunakan listrik langsung, pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

r. Untuk penggunaan yang lama gunakan fan atau kipas laptop, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan ini mengambil power langsung dari laptop yang mengakibatkan terkurasnya power baterai,

s. Sebaiknya sesudah dipakai laptop jangan langsung di tutup diamkan sekitar 5 menit untuk mencegah panas yang masih tertampung pada komponen laptop.

t. Okeeeyyyyyyyyyyyyyy………. Utt

0 komentar:

Posting Komentar